Jumat, 26 Oktober 2012

Tugas 4


1.     Contoh kasus demo mahasiswa.
“Demo, Mahasiswa Undip Dukung KPK”
SEMARANG  - Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penyidikan kasus Simulator SIM dilancarkan belasan mahasiswa di bundaran eks videotron, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (6/8). Mereka meminta KPK untuk tidak takut berhadapan dengan koruptor yang berkedok seragam.
Aksi yang dimulai sekitar pukul 10.00 tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Undip Semarang. Sebuah spanduk dukungan terhadap KPK dibentangkan sepanjang aksi.
Ketua BEM KM Undip Semarang, Reza Auliarahman mengatakan, aksi itu dilakukan agar KPK merasa langkahnya didukung oleh warga dari segala penjuru Nusantara.  KPK agar tidak takut meski berhadapan dengan oknum-oknum tertentu di kepolisian maupun pemerintahan yang menjadi beking korupsi Simulator. “Tujuan kita untuk memberikan dukungan kepada KPK. Karena selama ini, sikap kepolisian terlalu arogan, padahal penuh kecurangan,” katanya.
Sementara, Kordinator Aksi Nanda Harianto menilai, kepolisian terkesan melindungi beberapa pihak di jajarannya dengan bersikeras melanjutkan penyidikannya. Menurutnya, jika kepolisian benar-benar ingin membersihkan diri seharusnya menyerahkan seluruh penanganan kasus kepada KPK. Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga harus menginstruksikan Polri untuk tidak bersikap arogan mencampuri penyidikan KPK. “Publik tentu lebih mempercayai KPK dari pada kepolisian untuk menuntaskan kasus itu secara objektif,” ujar Nanda.
Aksi selama satu jam itu berlangsung damai dalam pengawalan puluhan aparat kepolisian.
Sumber : Suara Merdeka

Dapat di simpulkan bahwa demo pada mahasiswa UNDIP tersebut adalah aksi penolakan sikap terhadap pihak kepolisian maupun pemerintah terkait yang dinilainya terdapat kecurangan atau korupsi. Dan tidak semua aksi demo yang dilakukan oleh mahasiswa atau masyarakat berkalan dengan anarkis.


2.     Definisi Demonstrasi (Demo) atau unjuk rasa merupakan tindakan untuk menyampaikan penolakan, kritik, ketidak berpihakan, mengajari hal-hal yang dianggap sebuah penyimpangan.

3.     Penyebab terjadinya demonstrasi antara lain seperti :
  • Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat.
  • Ketidakadilan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan, yang mengakibatkan kesenjangan hidup antara orang kaya dan orang miskin.
  • Lambatnya merespon setiap aspirasi dari masyarakat yang positif.
  • Ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai peraturan.


4.     Seperti apa demo yang baik?
Menurut saya demo yang baik adalah demo yang berlangsung damai, tidak ada aksi anarkisme, rusuh, merusak fasilitas, tidak memacetkan jalanan, demo yang kreatif dan menghibur, dan dapat meminimalisir rasa kerugian.

5.     Seperti apa tanggapan yang diinginkan para pendemo?
Para pendemo ingin mendapatkan respon yang sesuai dengan aspirasi yang dituju, atau adanya pertemuan antara kedua belah pihak untuk mencari solusi atau jalan keluar yang telah disepakati oleh kedua pihak.

6.     Solusi untuk mengatasi Demo?
Ketegasan pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan tidak pandang bulu yang dapat memicu terjadinya demonstrasi. Menangkap para provokator dan yang membiayai. Karena banyak demontrasi yang bukan memperjuangkan pendapat yang demokratis, tapi malah merugikan orang lain yang tidak tahu apa-apa. Sehingga dengan cara itu akan terjadi demonstrasi yang bersih, tertib dan cerdas yang jauh dari anarkhis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar