Sabtu, 25 September 2010

Definisi & Fungsi Sistem Informasi Manajemen


Pendahuluan
              Jika Sistem Informasi Manajemen(SIM) di artikan dalam kata perkata ialah; Sistem merupakan Sekelompok Elemen yang terintegrasi untuk suatu tujuan, Informasi merupakan Data yang sudah diolah yang mempunyai arti, dan Manajemen merupakan kumpulan aktiftas Planning, Organizing, Commanding, coordinating, dan Controlling. (Henry Fayol). Sistem Informasi Manajemen(SIM) merupakan pengolah data harian yang luas dari pada sistem tunggal, sedangkan aplikasi dalam SIM terutama untuk mengetahui aktifitas pekerjaan atau pengambilan keputusan. Implementasi dari SIM dalam sebuah organisasi mengharuskan pengidentifikasian keperluan informasi. Informasi tersebut menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terajdi dimasa datang. SIM merupakan ceriminan sikap para eksekutif atau tingkat atas yang ingin agar komputer sebagai pemecah masalah dalam perusahaan. Dan ketika SIM mencapai titik pusatnya, hal itu dapat membantu para manajer, staff dan para pemakai lainnya dalam perusahaan untuk mengidentifikasi dan memahami suatu masalah. 

    Pembahasan
      Definisi Sistem Informasi Manajemen (SIM)
      Menurut beberapa ahli, Sistem Informasi Manajemen(SIM) yaitu
      ·   Burt Scanland dan J. Bernard Keys menyatakan bahwa SIM merupakan suatu sistem formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan, dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang tepat dalam suatu organisasi.
      ·     Robert G. Murdick & Joel E Ross
      Proses komunikasi dimana input dan output yang direkam, disimpan dan diproses untuk pengambilan keputusan, mengenai perencanaan, pengorganisasian dna pengendalian.
      ·    Gordo B davis
      Sistem manusia dan mesin yang terpadu untuk menghasilkan informasi guna mendukung operasi manajemen dan fungsin pengambikan keputusan dalam suatu oraganisasi.
      ·   Liang Gie berpendapat SIM sebagai jalinan hubungan dan lalu lintas keterangan dalam suatu organisasi melalui proses pengumpulan, pengolahan, pemahaman, dan penyebaran kepada pejabat yang berkepentingan.
      ·   Dalam Encyclopedia of Management disebutkan bahwa SIM merupakan suatu proses pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan kepada pimpinan dalam proses manajerial.
      Jadi dapat disimpulkan Sistem Informasi Manajemen(SIM) adalah Sistem manusia / mesin untuk menyediakan informasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Konsep SIM adalah suatu sistem pendukung keputusan, manajemen seumber dan perhitungan pemakai akhir.
      SIM dapat di gambarkan seperti segitiga, yakni pada level(lapisan) bawah atau satu terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status. Lapisan di atasnya adalah pengawasan dan informasi yang mendukung sehari-hari. Lapisan ketiga yakni sumber sistem informasi dalam pengambilan keputusan untuk pengawasan. Dan pada tingkatan tertinggi merupakan sumber informasi untuk mendukung strategi perencanaan.
       

      Fungsi Sistem Informasi Manajemen
      SIM dapat mendukung fungsi oprasi, manajemen dan keputusan dalam organisasi atau perusahaan. 

      Beberapa kegunaan atau fungsi sistem informasi antara lain sebagai berikut: 
      1)    Menggunakan akses data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai.
      2)      Menjamin kualitas dan keterampilan dalam sistem inforamsi secara kritis.
      3)      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
      4)      Mengidentifikasi keterampilan pendukung sistem informasi.
      5)      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi. 
      6)   Mengantisipasi dan memahami konsekuensi – konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru. 
      7)      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
      8)   Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transasksi – transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan dari produk mereka. 
      9)      Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek – cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening Koran dan transaksi yang terjadi.
      10)  Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persedian pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
      11)   SIM untuk pendukung Pengambilan Keputusan 
           Sebuah sistem keputusan, yaitu model dari sistem dengan mana keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka. Sebuah sistem keputusan tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukkan yang tidak diketahui dari lingkungan. 
      12)  SIM berdasarkan aktivitas atau kegiatan manajemen dan proses informasi saling berhubungan.
      13)    Sistem Informasi Untuk Pengendalian Operasional
      Pengendalian operasional dapat dikatakan sebagai proses pemantapan agar lebih efektif dan efisien.
      Pendukung pemrosesan untuk pengendalian operasi terdiri dari:
      a.    Proses transaksi
      b.    Proses laporan
      c.    Proses pemeriksaan
      14)    Sistem Informasi Untuk Pengendalian Manajemen
      Informasi pengendalian manajemen dipergunakan untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasional, dan mengalokasi sumber daya.
      Proses pengendalian manajemen memerlukan jenis informasi berikut:
      Ø  Pekerjaan yang telah direncanakan (Standar, ekspektasi, anggaran, dll),
      Ø  Penyimpangan dari pekerjaan yang telah direncanakan,
      Ø  Sebab penyimpangan,
      Ø  Analisis keputusan atau arah tindakan.
      15)    Sistem Informasi Untuk Perencanaan Strategis
      Tujuan perencanaan ini adalah untuk mengembangkan strategi dimana suatu organisasi akan mampu mencapai tujuannya. Horizon waktu untuk perencanaan strategis cenderung lama, sehingga perubahan mendasar dalam organisasi bisa diadakan.
      16)     SIM Berdasarkan Fungsi Organisasi
                 Sistem Informasi manajemen ada beberapa subsistem yang didasarkan atas fungsi  yang dilaksanakan dalam suatu organisasi. Subsistem tersebut membutuhkan aplikasi – aplikasi untuk membentuk semua proses informasi yang berhubungan dengan fungsinya. Dalam masing – masing subsistem operasional, pengendalian manajemen, dan perencanaan strategis.

      PENUTUP
      Kesimpulan
      SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pamakai dengan kebutuhan yang sama. Informasi memegang peranan yang sangat dominan dalam suatu pengolahan, pendistribusian, penyimpanan dan penemuan kembali informasi perusahaan atau organisasi. Pimpinan dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien dalam pengumpulan data yang berlangsung secara sistematika dan periodik.

      Saran
      Untuk memperoleh keberhasilan dalam pengelolaan SIM di perusahaan, sebaiknya dilakukan evaluasi manajemen pa perusahaan tersebut, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan SIM.

      REFERENSI
      Buku catatan / Tyas Arie Wirana S,Kom
      Mcleod, Raymond, Jr (1998). Versi Indonesia Sistem Informasi Manajemen Edisi Tujuh. Jakarta: Prenhallindo.
      Mcleod, Raymond, Jr (2004). Sistem Informasi Manajemen Edisi Delapan. Jakarta: Prentice-Hall Inc
      Universitas Gunadarma (1994), Seri Diktat Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Gunadarma.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar