Minggu, 26 September 2010

Komponen-komponen Pendukung dalam Sistem Informasi Manajemen


Pendahuluan
Komponen adalah suatu alat atau benda yang menjadi bagian pendukung dari suatu rangkaian, sedangkan Komponen SIM ialah kumpulan elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Informasi tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu: Komponen SIM secara fungsional dan SIM secara fisik. Perpaduan dari komponen hasil pengumpulan data, pemrosesan data dan penyajian informasi untuk membuat suatu keputusan dalam suatu organisasi manajemen.

Pembahasan
Komponen SIM adalah keseluruhan elemen yang membentuk sistem informasi. Dan komponen sistem Informasi dibagi menjadi dua, yaitu :
1.    Komponen Sistem Informasi Manajemen secara Fungsional
Adalah semua komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen meliputi:
a)    Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan rutin seperti halnya administrasi dan personalia dimana telah ditentukan prosedurnya dan diteliti terus agar perubahannya dapat diketahui.
b)    Sistem Pelaporan Manajemen
Berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan yang sifatnya periodik kepada manajer.
c)    Sistem Database
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi unit organisasi. Database mempunyai kecenderungan berkembang dalam organisasi, sehingga interaksi antar unit bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga semakin bertambah.
d)    Sistem Pencarian
Berfungsi meberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai permintaan dalam bentuk tidak terstruktur.
e)    Manajemen Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponennya.

2.    Komponen Sistem Informasi Manajemen secara Fisik
Adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan SIM. Komponen  tersebut diantaranya ialah :
a)    Hardware atau perangkat keras
Peralata komputer fisik dan alat-alat komputer yang saling berhubungan. Berikut ini merupakan 5 fungsi umum hardware, yaitu :
·         Input atau masukan
·         Central Processor (Perhitungan, pengendalian dan Primary Storage)
·         Secondary storage untuk data dan program
·         Output atau hasil atau keluaran
·         Komunikasi
Dan dapat digambarkan sebagai berikut: 

 
b)    Software atau perangkat lunak
Merupakan istilah yang diberikan untuk sekumpulan instruksi langsung yang memungkinkan hardware memproses data.
Software diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:
·         Software Sistem terdapat software pemrograman, operasi dan utilitinya, sedangkan
·         Aplikasi software terdapat aplikasi bisnis, akuntansi, indrustri dll.

c)    Database
Merupakan sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan seperti pita komputer dan paket piringan.
d)    Prosedur Pengoperasian
Merupakan komponen fisk karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti buku panduan dan itruksi. Tiga tipe utama dalam prosedur yang dibutuhkan ialah:
·         Instruksi untuk pemakai merupakan aplikasi data recod, terminal pegawai untuk memasukkan dan medapatkan kembali data.
·         Instruksi untuk penyimpan input oleh para pemakai
·         Instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer

e)    Model manajemen dan pengambilan keputusan
f)   Personalia pengoperasian meliputi operator, progremer, analisa sistem, personalia penyimpanan data dan coordinator operasional SIM dan pengembangannya.
g)     Jaringan Komputer dan komunikasi data yaitu sistem penghubung yang memungkinkan sumber(resources) yang diakses oleh bersama.
h)    User atau sumber daya manusia


Penutup
Kesimpulan
SIM merupakan gabungan dari sistem manusia mesin yang menyajikan informasi, manajemen dan fungsi pengembalian keputusan dalam suatu organisasi. SIM yang memanfaatkan komponen pendukung SIM seperti hardware, software, database, prosedur, personalia pengoperasian, jaringan komputer dan komunikasi data dan sumber daya manusia atau user.

Saran
Meningkatkan Sumber daya manusia karena SDM merupakan komponen terpenting dalam SIM, karena manusialah yang menjalankan komponen pendukung lainnya. Sedangkan komponen lainnya hanya membantu manusia dalam menjalankan SIM guna mendpatkan strategi yang tepat untuk seorang manajer menjalankan organisasnya atau perusahaannya.


Referensi
Universitas Gunadarma (1994), Seri Diktat Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Gunadarma.
Buku catatan / Tyas Arie Wirana S,Kom

2 komentar:

  1. kk boleh kan aku belajar sama kk kartika ?

    BalasHapus
  2. Boleh kok, tunggu postingan selanjutnya.. :D
    Join member di blog aku yah.. ;)

    BalasHapus