Minggu, 13 November 2011

Ketangguhan Menghadapi Masa-masa Sulit

Semua orang pernah menghadapi masa-masa sulit. Perkawinan gagal, studi terbengkalai, atau bisnis macet dan utang menggunung. Namun menurut Albert Einstein, kita harus mempercayai 3 hal :
(a)   Di mana ada keruwetan, kita bisa menemukan hal-hal sepele,
(b)   Di antara pertentangan, carilah harmoni,
(c)   Di tengah kesulitan, selalu ada peluang.

Paul Budnitz, pemilik Kidrobot, pernah menanggung utang sejumlah $ 600.000 karena kesalahan anak buahnya. Ia menemukan salah seorang agen penjualan telah menggelapkan uang itu. Pabrik belum dibayar karena si agen itu terlibat kasus perjudian. Padahal, Paul baru saja melakukan pemesanan terbesar senilai setengah juta dolar AS ke pabrik Cina. Pemilik pabrik itu sudah mengamuk karena mengira bahwa dia telah diperas oleh Kidrobot.
Apa yang bisa dilakukan? Paul terbang ke Cina dan menyewa seorang penerjemah. Dia menelpon si agen dan mengajaknya bertemu di pabrik, tapi si agen tamapak sangat enggan. Tetapi si Paul harus meyakinkan pemilik pabrik, bahwa agen inilah yang menipu Kidrobot. Lelu Paul memberi kesepakatan terpisah agar bisa membawa mainan-mainan itu ke luar Cina.
“Perjalanan yang bisa dipetik dalam cerita ini,” kata Paul,”…adalah bahwa bukan berarti anda tidak bisa mempercayai orang atau pihak lain untuk melakukan praktik bisnis yang tepat. Pelajaran yang saya ambil adalah mengenai kapasitas personal. Saya mengalami situasi ekstrim lebih dari yang saya kira. Menjadi cukup jelas bagi saya, bahwa apa yang saya anggap sebagai batasan, ternyata benar-benar semu. Saya masih sering takut ada masalah yang mungkin muncul kemudian hari, but pressure can be useful.”
Sering terjadi, rencana bisnis kita berjalan tidak seperti yang ada dalam bayangan. Pasti ada masalah yang terjadi di lapangan. Penolakan demi penolakan, terjadinya kesalahan teknis yang menyebabkan kerugian, pengkhianatan rekan-rekan sekerja, dan sebagainya. Semua hambatan itu bisa memaksa kita memasuki masa-masa sulit dalam hidup kita.
Tapi, jika renungkan lebih lanjut, masa-masa sulit itu adalah sesuatu yang membuat kita lebih dewasa. Bukankah untuk naik kelas, kita mesti menghadapi ujian?

Lebih dari 9.00 kali saya gagal mamasukan bola sepanjang karir saya. Hampir di 30 pertandingan saya mengalami kekalahan. Dalam 26 kesempatan saya telah di percaya untuk memasukan bola guna memastikan kemenangan, tapi saya gagal. Saya berulang kali mengalami kegagalan dalam kehidupan. Tapi justru itulah sebabnya mengapa saya menjadi orang berhasil”(Michael Jordan, salah seorang pemain NBA kenamaan)
“Sukses adalah hasil 1% yang berasal dari  99% kegagalan”(Soichiro Honda)
Ternyata bukan gunung yang kita harus taklukan, melainkan diri kita sendiri”(Sir Edmund Hillary, orang pertama di dunia yang menaklukan puncak Mount Everest di Pegunungan Himalaya)
Kekuatan bukan bersumber dari kemenangan. Perjuangan andalah yang melahirkan kekuatan. Ketika menghadapi kesulitan dan tidak menyerah, itulah kekuatan anda”(Arnold Schwarzenegger, actor laga Hollywood dan Gubernur California)

==Kata-kata Motivasi==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar